Proses Pembuatan Komposter | cara membuat pupuk organik cair | PUPUK HANTU MULTIGUNA Proses Pembuatan Komposter | cara membuat pupuk organik cair ~ PUPUK HANTU MULTIGUNA

Jumat, 11 Maret 2016

Proses Pembuatan Komposter | cara membuat pupuk organik cair

menghasilkan Pupuk Organik Cair sendiri, diawali dengan membuat komposter sendiri.





Material

  1. Dibuat dari drum plastik, bisa diperoleh di lapak Madura. Kisaran harga antara 50 ~ 100rb. Harga bervariatif tergantung jenis dan kondisi drum itu sendiri, dan faktor lain. 
  2. Pipa Pralon 1 1/2 inci sebagai tiang utama, panjanngnya tergantung tinggi drum;
  3. Pipa pralon 1/2 inci sebagai penyangga penyekat dan tang utama. Panjangnya kurang lebih 3 kali lebar drum plastik;
  4. Lembaran polycarbonat sebagai penyekat. Lembaran dipotong bulat mengikuti ukuran diameter drum. Bisa digunakan bahan plastik lain, selama bisa masuk ke dalam drum dan tahan terhadap lindi yang lumayan korosif terhadap logam;
Berikut konstruksinya:




Nah, karena bahan-bahan diatas cukup menguras kantong yang super tipis, apa boleh buat harus sedikit berimprovisasi. Di gunakan bahan seadanya disekitar. Mungkin Anda tidak percaya apa yang bisa temukan dari dalam dan luar rumah , karena ternyata semua bahan sudah tersedia. Dari hasil bongkar-bongkar seisi rumah ditemukan bahan:
  1. Ember plastik bekas cat tembok volume 23 kg. Awalnya tersimpan rapi diberanda depan, dapat digunakan sebagai pengganti drum plastik;
  2. Pipa Pralon masing-masing 1 1/2" , dan sedikit pralon berukuran 1/4"; Sebagai penyangga pipa 1/4"  pikir cukup kuat menahan beban berat sampah nantinya;
  3. Sedikit polycarbonat. Potongan ini ditemukan terjepit dekat pagar rumah. Rupanya sisa sewaktu memasang atap beranda. Awalnya  ingin memakai sisa fiber penutup pagar yang masih cukup banyak di rumah. Namun butuh pipa pralon 1/4" sebagai penyangga yang cukup banyak karena sifat bahan fiber yang relatif lentur.
Selanjutnya proses pembuatan

  • Di memulai dengan memotong pipa 1 1/2" sebagai tiang utama konstruksi. Tingginya menyesuaikan dengan kedalaman wadah plastik. Selanjutnya proses membolongi permukaan pipa. tujuannya sebagai saluran gas metan yang akan dihasilkan selama proses fermentasi sampah, juga bisa berfungsi sebagai jalan keluar lindi dari tengah sampah. Awalnya pipa dibolongi dengan bor tangan tapi pekerjaan ini lumayan susah dikerjakan sendiri. Akhirnya gunakan solder listrik, proses membolongi pun berlangsung lancar jaya.
  • Dilanjutkan dengan membuat pipa penyangga atas, panjangnya menyesuaikan lebar wadah. Posisi diatur agar tidak menganggu penutup wadah. Wadah dibolongi menembus pipa utama; kemudian membuat penyangga bawah. pembuatannya menyilang terhadap pipa penyangga atas. Proses ini mudah, cuma diperlukan perhitungan agar posisi lubang di dinding wadah sejajar dengan lubang pada pipa utama.
  • Penyekat yang terbuat dari polycarbonat dibentuk melingkar menyesuaikan diameter wadah bagian bawah. Jangan lupa permukaan penyekat dilubangi cukup banyak agar lindi mudah mengalir ke tempat penampungan di bawah.
Maka hasilnya adalah seperti ini:



Setelah siap dibersihkan permukaan dalam komposter dengan air bersih tujuannya agar bersih dari sisa plastik dan logam yang mungkin tertinggal didalam wadah selama proses pembuatan. komposter pun dikeringkan dengan cara dibalik untuk dipergunakan esok hari.

Komposter ini belum diujicoba untuk menghasilkan lindi / pupuk organik cair seperti tujuan utama pembuatan komposter ini; Volume sampah yang dapat ditampung juga jauh lebih sedikit bila dibanding komposter aselinya. Namun seperti kata orang, tak ada rotan akar pun jadi. Malamnya dilanjutkan dengan pembuatan bio aktifator sebagai akselerator proses fermentasi limbah mengeluarkan lindi.


#Sponsore Peluang Usaha 👇👇👇 Disini AJa !!! menuju 10 juta pebisnis Sukses Seperti Anda ? Mau ?
http://uymnetwork.com/leader

http://uymnetwork.com/leader

                                                  Mau ?
http://uymnetwork.com/leader
 Ya ... Daftar dan Miliki Bonus Hari Ini, Total Senilai 5 jt  :

>> Bonus Website Website Replika Senilai 2 jt , Anda hanya share link web anda di sosial media anda
>> Ilmu Ilmu Online Marketing untuk kesuksesan bisnis anda
>> Grup Support Facebook saling share membantu bisnis anda

http://uymnetwork.com/leader


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India