Pupuk Anorganik dan Pupuk Organik | PUPUK HANTU MULTIGUNA Pupuk Anorganik dan Pupuk Organik ~ PUPUK HANTU MULTIGUNA

Rabu, 22 Februari 2017

Pupuk Anorganik dan Pupuk Organik

Pupuk Anorganik dan Pupuk Organik

Pupuk organik dan pupuk buatan bukanlah dua jenis pupuk yang harus bersaing penggunaannya, dan bukan pula untuk dipertentangkan manfaatnya.
- Pupuk organik adalah pelengkap dari pupuk anorganik dan begitu juga sebaliknya pupuk anorganik akan lebih efisien penggunaannya bila dikombinasikan dengan pupuk organik.

- Pupuk anorganik hanya mengandung jenis unsur hara yang terbatas seperti N, P, K, Ca dan Mg saja meskipun kadar unsur hara pupuk tersebut relatif tinggi.

Sebaliknya, pupuk organik mengandung unsur hara makro dan mikro yang lengkap tetapi dalam jumlah yang relatif sedikit.

Kelebihan pupuk organik antara lain,dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah, sehingga pupuk organik tidak diartikan sebagai pesaing atau lawan dari pupuk buatan tetapi kedua jenis pupuk ini seharusnya digunakan bersama-sama (terpadu) karena akan saling melengkapi.

Pemupukan berimbang merupakan kunci untuk meningkatkan produktivitas dan mutu hasil serta untuk memastikan keberlangsungan produksi pertanian. Penerapan pemupuan berimbang adalah upaya untuk mempertahankan produktivitas secara berkesinambungan dari pertanian berbasis eksploitasi tanah menjadi pertanian berbasis kesuburan tanah.



loading...

Best Seller Hari Ini !!! 

0 komentar:

Posting Komentar